fbpx

Notice: Array to string conversion in /home/anas8148/public_html/wp-content/themes/porto/single.php on line 43

Perbedaan Hydrating Toner & Exfoliating Toner Yang Harus Kamu Ketahui!

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Toner merupakan salah satu basic skincare yang wajib digunakan dalam rangkaian skincare selain cleanser, facial wash, dan pelembap (moisturizer). Toner berfungsi untuk mengembalikan kelembapan kulit dengan menyeimbangkan pH kulit serta mengangkat sisa kotoran dan sel kulit mati yang masih menempel di wajah. Sebenarnya cairan berbahan dasar air ini memiliki kandungan dan bahan aktif yang bagus untuk kesehatan kulit lainnya seperti mengencangkan wajah, mengecilkan pori-pori, dan lain-lain. Itulah mengapa toner dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu hydrating toner dan exfoliating toner. Apa perbedaan hydrating toner dan exfoliating toner? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Berdasarkan Kandungan

Perbedaan pertama dari hydrating toner dan exfoliating toner terletak pada kandungannya. Hydrating toner umumnya mengandung hyaluronic acid, algae, ekstrak lidah buaya, dan gliserin. Bahan aktif yang paling sering ditonjolkan dari jenis toner ini adalah gel lidah buaya, hyaluronic acid, dan vitamin E. Beberapa jenis hydrating toner juga memiliki kandungan seperti asam amino dan ekstrak buah atau bunga.

Berbeda dengan hydrating toner, exfoliating toner umumnya mengandung AHA, BHA, dan PHA, Toner ini terbuat dari perpaduan antara AHA dan BHA serta senyawa turunannya seperti salicylic acid, glycolic acid, dan lactic acid. Setiap jenis asam ini memiliki manfaatnya masing-masing untuk kulit.

2. Berdasarkan Manfaat

Jika kandungannya berbeda, otomatis manfaatnya pun berbeda. Hydrating toner bermanfaat untuk menghidrasi kulit, mengembalikan kelembapan kulit, serta mempersiapkan kulit untuk menerima perawatan selanjutnya seperti serum, moisturizer, essense, sunscreen, atau masker. Dengan menggunakan toner, kulit akan terasa lebih lembap. Kulit yang lembap mampu menerima dan menyerap produk perawatan kulit lebih baik.

Seperti namanya, exfoliating toner bermanfaat untuk melakukan eksfoliasi dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan mengelupas pada lapisan kulit terluar. Exfoliating toner juga membantu mengangkat sisa kotoran yang tidak terangkat sempurna pada saat mencuci muka, membersihkan pori-pori tersumbat, serta mengembalikan keseimbangan pH kulit normal.

Kandungan AHA pada exfoliating toner digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi ringan, pori-pori besar, kerutan, warna kulit tidak merata, bekas jerawat, dan mencegah penuaan dini. Sedangkan kandungan BHA digunakan untuk mengatasi jerawat dan kerusakan kulit akabiat paparan sinar matahari dengan cara mengurangi produksi minyak berlebih di kulit wajah.

3. Berdasarkan Cara Pakai

Cara mengaplikasikan toner ke wajah tergolong gampang. Baik hydrating toner maupun exfoliating toner, kamu hanya perlu menuangkan toner secukupnya pada tangan dan ditepuk-tepuk lembut ke seluruh area wajah atau menuangkannya ke kapas lalu diusapkan lembut ke wajah.

4. Berdasarkan Jenis Kulit

Bagi kamu pemilik jenis kulit kering dan sensitif, hydrating toner adalah salah satu solusi tepat untuk mengembalikan kelembapan kulit. Namun, kamu harus tahu bahwa penggunaan hydrating toner yang kurang tepat justru dapat menimbulkan masalah kulit. Hal ini disebabkan karena toner memiliki hyaluronic acid dengan konsentrasi lebih dari 2% atau gel lidah buaya yang berkontak dengan kulit beriritasi.

Sedangkan pemilik jenis kulit normal dan berminyak aman menggunakan exfoliating toner. Jenis toner ini perlu dihindari oleh jenis kulit kering dan sensitif karena di dalamnya terdapat kandungan AHA yang dapat membuat kulit lebih sensitif saat terkena paparan matahari. Kulit juga akan terlihat kemerahan, bengkak, dan iritasi.

Salah satu jenis toner yang dapat digunakan sehari-hari adalah Anava’s Secret Toner Booster Whitening. Toner dari Anava’s Secret akan membantu mengangkat sisa kotoran yang masih menempel di kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, dan mengembalikan kelembapan kulit. Toner ini mengandung niacinamide, glycolic acid, sodium hyaluronate, dan ekstrak lidah buaya yang sangat bagus untuk menutrisi kulit.

Menggunakan toner Anava’s Secret juga akan mmepersiapkan kulit untuk pemakaian skincare selanjutnya yaitu day cream Anava’s Secret. Tidak perlu khawatir, toner ini free alcohol sehingga aman untuk semua jenis kulit dan tidak menimbulkan iritasi.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram