Pepaya Bisa Bikin
Kulit Kamu Glowing?

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Siapa nih di antara kamu yang suka buah pepaya? Buah satu ini banyak digemari sebagai makanan pencuci mulut atau menu makanan diet. Buah ini juga banyak sering diolah dalam bentuk jus atau campuran salad. Buah pepaya dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan karna kaya akan serat. Tapi, tidak hanya sebatas itu, buah pepaya juga bermanfaat untuk kecantikan.

Buah pepaya kaya akan nutrisi, mulai dari vitamin A, C, dan E, zat besi, protein, kalsium, fosfor, dan karbohidrat. Buah ini dipercaya bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan yang paling banyak dalam buah papaya adalah vitamin C. Pasalnya, 100 gram vitamin C dalam buah pepaya sudah memenuhi kebutuhan vitamin C per hari.

Menurut hasil studi, pepaya merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin E, A, B, dan C yang diyakini dapat merawat kulit. Papaya juga kaya akan kandungan proteolitik, seperti enzim papain dan chymopapain yang berfungsi sebagai antibakteri, antivirus, antijamur, dan antivirus.

Dewasa ini, banyak produk skincare yang menggunakan ekstrak pepaya pada kandungannya karena dipercaya bagus untuk menjaga dan merawat kecantikan kulit. Tapi tidak hanya itu, mengkonsumsi buah papaya dan menjadikannya sebagai masker juga membantu perawatan kulitmu. Lalu, apa saja manfaat buah papaya untuk kecantikan? Yuk, simak ulasannya!

1. Mencegah Peradangan Pada Kulit

Buah pepaya mengandung proteolitik (pengurai protein) chymopapain dan papain. Kandungan ini berguna untuk mempercepat proses penyembuhan serta mencegah timbulnya infeksi pada kulit saat terkena sinar matahari. Buah pepaya ini juga dapat mengatasi kulit belang. Papaya memiliki kombinasi kandungan enzim dan asam alfa hidroksi (AHA), di mana kedua kandungan ini bertindak sebagai eksfolian untuk melarutkan protein tak aktif sekaligus membuang sel kulit mati.

2. Mencerahkan Kulit

Buah pepaya juga bagus untuk mencerahkan wajah. Ekstrak pepeaya dapat membersihkan kulit dari kotoran dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar matahari. Vitamin pada buah pepaya dapat mengurangi stres pada kulit dan mengangkat sel kulit mati. Buah pepaya juga sering digunakan sebagai kandugan utama dalam produk kecantikan dan pemutih kulit, seperti cream, sabun dan lotion.

Namun, buah papaya juga dapat diaplikasikan langsung ke wajah secara alami dengan cara menghaluskan buah papaya dan mengoleskannya ke seluruh wajah. Kamu bisa mendiamkannya selama 20 menit lalu membilas dengan air bersih. Selain itu, kamu juga bisa membuat masker papaya dengan campuran kunyit dan madu. Oleskan campuran masker tersebut ke wajah yang sudah dibersihkan. Kamu bisa mendiamkan selama 20-30 menit atau hingga masker mengering, lalu membilasnya dengan menggunakan air hangat.

3. Melembapkan kulit

Selain mencerahkan, buah pepaya juga bermanfaat untuk melembapkan kulit. Manfaat buah pepaya untuk melembapkan kulit ini sangat cocok untuk pemilik kulit kering. Banyak orang berlomba-lomba membeli pelembap wajah untuk membuat wajah mereka lebih lembap dan lebih sehat. Menggunakan masker pepaya akan membuat kulit lembap lebih lama. Pasalnya, enzim papain dalam pepaya mampu merawat kulit kering dan mudah terkelupas dengan cara melembapkannya, sehingga kulit wajah juga akan terasa lembut dan kenyal.

Kamu dapat menggunakan masker secara alami dengan cara mencampurkan buah papaya yang sudah dihaluskan dengan madu secukupnya atau putih telur. Diamkan selama 20-30 menit atau hingga mengering dan bilas dengan menggunakan air dingin.

4. Meyamarkan noda dan flek hitam di wajah

Manfaat papaya lainnya yaitu dapat membantu menyamarkan noda dan flek hitam pada wajah. Untuk mengatasinya, kamu juga dapat rutin menggunakan masker papaya atau produk yang memiliki kandungan ekstrak pepaya.

5. Mengurangi mata panda

Sering begadang atau kuang tidur memberikan dampak buruk bagi wajah, yaitu dengan munculnya lingkaran hitam di bawah mata atau yang biasa disebut mata panda. Buah papaya yang masih mentah berwarna kehijauan dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, alias mata panda. Caranya, haluskan papaya hijau atau pepaya yang masih muda terlebih dahulu, lalu oleskan di area lingkaran bawah mata. Hati-hati jangan sampai terkena mata. Diamkan selama 20 menit atau hingga masker mengering, lalu bilas bersih menggunakan air hangat.

6. Menjaga kesehatan rambut

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, buah pepaya juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Buah papaya dapat mengatasi ketombe, membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, minyak, dan bahan kimia yang menempel, mencegah kerontokan, menguatkan, menyuburkan pertumbuhan rambut, dan membuat rambut tampak lebih berkilau. Kandungan asam folat pada pepaya bisa membantu meningkatkan sirkulasi ke folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan.

Selain buahnya, biji papaya juga bagus untuk mengurangi ketombe. Biji papaya memiliki sifat antijamur yang dapat mengendalikan dan mencegah ketombe. Kandungan ini mampu mencegah infeksi jamur yang merupakan penyebab utama ketombe. Caranya, campurkan daging dan biji papaya yang sudah dihaluskan, oleskan ke seluruh rambut dan diamkan selama 1 jam. Lalu, bilas dengan air bersih dan keramas supaya sisa masker papaya tidak lengket di rambut.

Bukan hanya masker pepaya, produk skincare yang mengandung ekstrak papaya juga bisa kamu gunakan. Pakailah Anava’s Secret Facial Wash Booster Whitening setiap hari untuk mencerahkan dan melembapkan wajah. Anava’s Secret Facial Wash Booster Whitening terbuat dari kandungan ekstrak papaya, ekstrak aloevera, niacinamide, dan glutathione yang aman dan bagus untuk kulit wajah. jangan lupa juga nutrisi dan pola hidup yang sehat untuk mendukung kesehatan kulitmu.a

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram