fbpx

Notice: Array to string conversion in /home/anas8148/public_html/wp-content/themes/porto/single.php on line 43

Tips Alami Mengecilkan
Pori - Pori di Wajah Kamu !

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Adakah di antara kamu yang memiliki masalah pori-pori di wajah? Salah satu masalah kulit yang sering dikeluhkan oleh sebagian orang adalah pori-pori wajah yang membesar. Pori-pori wajah adalah lubang pada kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan keringat dan sebum atau minyak alami. Terkadang, pori-pori membesar dan mengganggu penampilan. Pori-pori wajah yang besar merupakan suatu perubahan yang terjadi pada permukaan wajah, di mana ukuran pori-pori membesar sehingga dapat terlihat jelas dengan telanjang mata.

Berdasarkan suatu studi, pori-pori dinyatakan sebagai bagian kulit yang berbentuk lingkaran berukuran lebih besar dari 0,02 mm2. Penelitian lainnya menyatakan, pori-pori besar dikategorikan sebagai pori-pori yang terlihat jelas dengan ukuran 0.1-0.6 mm2, terkadang pada pori-pori tersebut juga tertanam komedo. Secara umum, pori-pori besar lebih banyak dialami oleh kaum laki-laki daripada perempuan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan hormon antara laki-laki dan perempuan. Selain itu, kaum laki-laki juga memiliki rambut tubuh yang lebih banyak sehingga pori-porinya lebih lebar.

Menurut dr. Harold Lancer, dermatologis langganan Victoria Beckham dan Oprah, pori-pori wajah tidak akan bisa mengecil, karena itu adalah kondisi genetik. Maksudnya adalah ukuran pori-pori sebenarnya tidak bisa berubah. Hanya saja, bisa terlihat semakin jelas jika kulit tidak dirawat dan tidak memiliki gaya hidup yang sehat. Wajah yang kotor, tumpukan kulit mati, dan minyak berlebih akan membuat pori-pori terlihat membesar. Padahal, sebenarnya tidak. Penyebab pori-pori besar pada wajah dapat berasal dari lingkungan dan gaya hidup. Cara mengecilkan pori-pori wajah yang besar bisa dengan perawatan kulit dari luar dan dalam, serta penggunaan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Apa Saja Penyebab Pori-Pori Besar?

Pada dasarnya, pori-pori besar disebabkan oleh produksi minyak (sebum) yang berlebihan. Lubang yang besar menyebabkan pori-pori wajah tersumbat akibat penumpukan kotoran dan sel kulit mati. Meskipun pori-pori besar bukan masalah kulit yang serius, tapi keadaan ini dapat mengganggu penampilan. Lalu, apa saja penyebab pori-pori wajah membesar?

1. Faktor genetik

Salah satu penyebab pori-pori membesar adalah karena faktor genetik atau keturunan. Kondisi kulit yang diturunkan yang menjadi penyebabnya adalah jenis kulit berminyak dan memiliki kulit yang tebal. Seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori wajah yang besar. Hal ini dikarenakan kelenjar sebum lebih aktif memproduksi minyak sehingga pori-pori membesar dan mengeluarkan kelebihan minyak di wajah.

2. Paparan Sinar Matahari Berlebih

Sering menghabiskan waktu di bawah paparan sinar matahari langsung juga menjadi salah satu penyebab pori-pori membesar. Hal ini karena kulit lama kelamaan mengalami penebalan yang membuat pori-pori menjadi besar. Saat kulit menebal, sinar UV akan menurunkan produksi kolagen sehingga membuat keelastisitasan kulit berkurang dan lubang pori-pori menjadi terbuka dan melebar.

3. Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka memang merupakan hal yang wajib dilakukan setiap hari untuk mengangkat kotoran dan minyak di wajah. tetapi mencuci muka terlalu sering juga menyebabkan pori-pori wajah membesar. Hal ini dikarenakan penggunaan sabun atau pembersih wajah secara berlebihan berpotensi mengiritasi kulit. akibatnya kulit menjadi tebal, dan menyebabkan pori-pori membesar.

4. Merokok

Merokok memang sangat tidak baik untuk kesehatan, begitu juga untuk kulit. Pasalnya, racun-racun yang dihasilkan dari asap rokok akan merusak keelastisitasan kulit dan memicu penuaan dini. Merokok dapat menyebabkan kulit mengeluarkan sebum lebih banyak sehingga menyebabkan pori-pori terbuka dan melebar.

5. Penggunaan Perawatan Kulit Komedogenik

Produk perawatan kulit yang bersifat komedogenik (memicu pertumbuhan komedo), seperti produk yang mengurangi kulit berminyak dan berjerawat juga berisiko membuat pori-pori membesar. Produk tersebut memicu pengelupasan lapisan bagian atas kulit sehingga kulit menjadi kering. Kulit yang kering sebenarnya membuat pori-pori kulit menjadi terlihat kecil, tetapi dalam jangka waktu yang panjang, tubuh akan menerima sinyal kalau kulit terlalu kering sehingga kulit akan memproduksi minyak,, yang pada akhirnya wajah akan kembali berminyak dan membuat pori-pori terlihat membesar kembali.

Bagaimana Cara Mengatasi Pori-Pori Besar?

Ada bebrapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengurangi pori-pori besar di wajah kamu, antara lain sebagai berikut.

  1. Pilih produk skincare dan make up non-comedogenic
  2. Cuci wajah dua kali sehari
  3. Gunakan pelembap dan tabir surya (sunscreen)
  4. Gunakan produk skincare yang mengandung retinol
  5. Lakukan eksfoliasi secara rutin
  6. Hindari matahari langsung
  7. Perlakukan wajah dengan lembut
  8. Menghapus make up sebelum tidur
  9. Menggunakan clay mask / scrubbing
  10. Pola hidup sehat (plahraga, makanan bergizi, minum air putih, dan tidur yang cukup).

Demikianlah penjelasan singkat seputar pori-pori besar, penyebab pori-pori besar, dan bebrapa tips untuk mencegah dan mengurangi pori-pori besar. Dengan rutin melakukan perawatan wajah dan menerapkan pola hidup sehat akan mendukung kesehatan dan kecantikan kulit kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram