fbpx

Notice: Array to string conversion in /home/anas8148/public_html/wp-content/themes/porto/single.php on line 43

Alasan Pentingnya Melakukan
"Double Cleansing"

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Sering menggunakan make up atau beraktivitas di luar ruangan membuat kuman dan kotoran menempel di kulit wajah. Rajin mencuci muka buka jaminan kalau kulit terlepas dari yang namanya jerawat atau komedo. Mencuci muka saja tidak cukup. Mencuci muka bisa saja masih menyisakan kotoran dan minyak yang menjadi awal tumbuhnya bakteri pemicu jerawat. Mungkin kamu sudah pernah mendengar teknik double cleansing. Teknik ini popular di kalangan masyarakat yang awalnya berkembang karena metode skincare korea.

Seperti namanya, double cleansing merupakan teknik membersihkan wajah dengan dua tahapan menggunakan pembersih yang berbeda. Melakukan double cleansing akan membersihkan wajah kamu secara maksimal dari kotoran, debu, serta minyak yang menempel di kulit.

Tahapan Double Cleansing

1. Tahap Pertama

Tahap pertama dalam melakukan double cleansing disarankan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak (oil based). Bahan-bahan tersebut mampu mengangkat kotoran serta sisa kulit mati di permukaan kulit dan pori-pori. Beberapa produk pembersih yang bisa kamu gunakan, misalnya oil cleanser, make-up remover, micellar water, milk cleanser, atau cleansing balm. Produk pembersih ini banyak beredar di pasaran sehingga mudah untuk didapatkan. Selain berbagai produk yang ada di pasaran, kamu juga dapat menggunakan minyak alami, misalnya minyak zaitun, minyak jojoba, dan minyak biji matahari.

Cara menggunakan pembersih wajah atau minyak alami yang tadi disebutkan adalah dengan menuangkan secukupnya di kapas, mengoleskannya ke wajah dengan gerakan memutar. dan mengangkat kotoran di wajah dengan kapas. Khusus penggunaan milk cleanser atau cleanser balm, oleskan pada wajah terlebih dahulu, terlebih pada area kulit kering, pijat lembut dengan gerakan memutar, lalu bersihkan menggunakan handuk hangat.

2. Tahap kedua

Setelah selesai tahap pertama, selanjutnya kamu harus mencuci muka menggunakan facial wash atau facial foam. Tujuan tahapan kedua ini adalah untuk membersihkan sisa kotoran, sel-sel kulit mati, dan riasan make up yang belum berhasil terangkat sepenuhnya pada tahap pertama. Mencuci muka dengan sabun juga berguna untuk mengangkat residu dari produk yang dipakai sebelumnya, karena oil cleanser, milk cleanser, atau cleanser balm yang digunakan terasa lengket dan berminyak di kulit.

Dalam memilih sabun pembersih wajah, pilihlah produk yang bertekstur lembut dan sesuai jenis kulit. Sabun pembersih wajah yang bagus tidak akan membuat wajah terasa kencang atau tertark, perih, kemerahan, bahkan kering. Dalam memilih sabun pembersih wajah, kamu dapat menggunakan Anava’s Secret Facial Wash Booster Whitening. Dengan kandungan niacinamide, glutathione, ekstrak aloevera, dan ekstrak papaya, akan membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih di kulit wajah. Selain itu, Anava’s Secret Booster Whitening juga akan mengunci kelembapan kulitmu sepanjang hari.

Jenis Kulit Yang Cocok Melakukan Double Cleansing

Double cleansing pada umumnya lebih disarankan untuk seseorang yang memiliki kulit normal dan kulit berminyak. Jika kulit kamu berminyak dan berjerawat, kamu bisa menggunakan obat jerawat sebagai pembersih untuk teknik double cleansing.

Meskipun teknik double cleansing bagus untuk membersihkan kulit wajah, terkadang teknik ini dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan iritasi, terutama jika menggunakan bahan kimia dan cara menggosok kapas ke wajah yang terlalu keras. Itulah mengapa teknik ini kurang efektif untuk pemilik kulit sensitif dan kering.

Perlu kamu ingat, teknin double cleansing tidak harus dilakukan setiap kali ingin mencuci muka. Kamu dapat melakukannya 1 kali sehari yatu pada sore atau malam hari seusai melakukan aktivitas. Membersihkan wajah terlalu sering tidak akan membuat wajah kamu sehat dan bersih, tetapi justru menghilangkan lapisan minyak alami wajah (sebum) di permukaan kulit, sehingga kulit menjadi kering.

Nggak Pakai Make Up, Nggak Perlu Double Cleansing?

Meskipun sedang tidak menggunakan make up, kamu harus tetap menggunakan double cleansing ya guys. Walau hanya beraktivitas ringan dengan hanya menggunakan pelembap, seru, ataupun sunscreen, sisa produk ini perlu diangkat dan dibersihkan agar tidak menyumbat pori-pori. Bahkan jika kamu tidak menggunakan produk perawatan wajah atau kosmetik apapun, radikal bebas dari sekeliling kita berpotensi menempel di kulit wajah.

Selain itu, melakukan double cleansing bermanfaat mempersiapkan kulit untuk menyerap produk perawatan lebih baik, seperti toner, serum, dan pelembap.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram