fbpx

Notice: Array to string conversion in /home/anas8148/public_html/wp-content/themes/porto/single.php on line 43

Kenali Dulu Tipe Kulit Wajah Kamu,
Sebelum Memilih Skincare !

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Apakah kamu sudah mengetahui jenis kulit kamu? Langkah awal yang harus kita ketahui sebelum memilih dan menggunakan produk perawatan wajah adalah dengan mengetahui jenis kulit. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan penggunaan produk yang membuat kuliit wajah semakin bermasalah dan menimbulkan iritasi kulit. Jenis kulit dapat dikelompokkan ke dalam 5 bagian, yaitu jenis kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif, dan kulit kombinasi. Apa saja ciri-cirinya? Yuk, simak ulasannya ya!

1. Kulit Wajah Normal

Jenis kulit normal biasanya memiliki jumlah kandungan air dan minyak yang seimbang, sehingga tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Jenis kuliit satu ini jarang memiliki masalah kulit. kuliit normal terlihat bercahaya, tidak terlalu sensitif, dan pori-pori hampir tidak terlihat. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit normal tentunya tidak perlu pusing karena jenis kulit ini mudah untuk dirawat.

2. Kulit Wajah Kering

Jenis kulit kering cenderung terjadi karena tingkat kelembapan pada lapisan kulit rendah. Biasanya jenis kulit ini ditandai dengan wajah tampak kering, mudah pecah-pecah, dan adanya kerusakan di area permukaan kulit. Bukan hanya itu, permukaan luar kulit terlihat kasar, kusam, dan kurang elastis. Namun, pori-pori kulit hampir tak terlihat. Kulit kering cenderung mudah mengalami kemerahan, gatal, bersisik, dan meradang. Perlu diketahui, kulit kering berbeda dengan dehidrasi kulit. Kulit kering terjadi akibat kurangnya produksi minyak pada kulit, sedangkan dehidrasi kulit disebabkan oleh kekurangan air, sehingga tingkat kelembapan kulit rendah.

3. Kulit Wajah Berminyak

Adakah di antara kamu yang sering mengalami kulit berminyak? Jenis kulit berminyak cederung licin dan mengkilap karena produksi minyak atau sebum yang berlebih pada wajah. Sebum adalah zat berminyak berwarna kekuningan yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit. Sebum disebut juga minyak alami tubuh. Minyak alami ini berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri di kulit. Kulit yang mengandung terlalu banyak sebum akan membuat wajah berminyak, pori-pori tersumbat, dan mudah berkomedo dan berjerawat. Jenis kuliit ini juga cenderung memiliki ori-pori besar, terlihat berkilau namun kusam, dan adanya noda hitam di area wajah.

4. Kulit Wajah Sensitif

Jenis kulit sensitif mudah mengalami iritasi dan alergi. Kulit satu ini cenderung peka terhadap beberapa faktor yang membuat wajah sensitif, seperti makanan, lingkungan, dan penggunaan produk kosmetik. Tanda-tanda yang terlihat dari kulit sensitif seperti kuliit mudah terkelupas, gatal, kemerahan, kering, dan terasa perih (breakout).

5. Kulit Wajah Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan perpaduan antara kulit kering dan kulit berminyak. Jenis kuliit satu ini biasanya ditandai dengan kulit berminyak di area T-zone (dagu, hidung, dan dahi), serta terasa kering di area pipi.

Berdasarkan penjelasan di atas, semoga kamu sudah bisa mengenali jenis kuliit kamu agar bisa lebih selektif saat memilih produk perawatan wajah yang baik untuk kulitmu. Semoga bermanfaat, yaaa

 

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram